Seperti yg pernah dijelaskan sebelumnya, untuk promosi blog supaya lebih luas dikenal setidaknya anda harus mensubmit ke dua direktori blog terkenal: technorati.com dan feedburner.com.
Technorati adalah direktori blog terbesar saat ini disusul oleh blogsearch.com milik google. Technorati tidak hanya berfungsi sebagai direktori blog, tapi juga sebagai blogsearch, tags aggregator, piranti untuk mengetahui situs/blog apa saja yg pasang link blog Anda dan online bookmarks. Apa itu tag dan online bookmarks dan bagaimana memaksimalkan fungsi technorati?
* Tag: tag mirip dg subyek atau kategori. Ini berfungsi untuk memudahkan search engine menemukan tulisan Anda. Saat ini sudah ada search engine yg khusus mencari 'tag'. Jadi, umpama blog anda di beri tag "indonesia", maka setiap ada yg mencari kata 'indonesia' di search engine, blog anda akan masuk.
Di Technorati, kita boleh memasang 20 tag untuk setiap blog. Saya isi antara lain dg nama-nama negara di ASEAN yg populer, plus nama lain. Karena salah satu tag blog saya adalah Brunei, blog saya jadi masuk di situs pemerintah Brunei yg punya tool otomatis untuk memasukkan secara otomatis situs/blog yg mengandung kata Brunei. Ini sekedar contoh.
* Social bookmark: kalau anda buka internet explorer (IE), maka di situ ada menu FAVORITE. Menu Favorite gunanya untuk menyimpan link yg anda anggap perlu di IE anda, termasuk alamat blog anda sendiri sehingga lain kali cukup membuka link tsb. dari Favorite IE. Caranya, setelah membuka alamat misalnya, http://republika.co.id, maka klik menu FAVORITE. Klik Add, dan klik OK.
Yg di atas namanya offline bookmark, saat ini banyak situs yg menyediakan layanan online bookmark. Termasuk di antaranya Technorati. Kelebihannya, online bookmark ini bisa diakses saat kita online di manapun. Berbeda dg offline bookmark yg hanya bisa diakses di komputer kita sendiri.
***
Berikut panduan step by step memaksimalkan Technorati (panduan ini dg asumsi anda sudah sign-up/register di Technorati. Kalau belum silahkan register dulu).
1. Submit ke Direktori Blog dan Tag Technorati
Caranya:
a. Setelah sign-in, klik menu ACCOUNT.
b. Ada instruksi Claim a Weblog, isi alamat URL blog anda di kotak yg tersedia. Contoh: http://myaceh.blogspot.com
c. Klik Begin Claim
d. Ada menu Quick Claim, isi dg id dan password blogspot Anda.
e. Klik Quick Claim.
f. Isi deskripsi singkat tentang blog Anda di kotak yg tersedia.
g. Beri tanda tik di menu "Include this blog in Technorati's Blog Finder"
h. Isi 20 tag (kategori) yg paling Anda suka di kotak yg tersedia.
i. Apabila Anda tidak ingin memasang fasilitas Technorati di blog Anda, maka klik SAVE CHANGES. Selesai.
j. Apabila Anda ingin memasang fasilitas Technorati (lihat contohnya di blog ini: http://purwarno-sastra-uisu.blogspot.com/) seperti blogsearch, who links to this blog, dll, maka ..
(i) beri tanda tik di menu "Show Technorati embed on my site"
(ii) Ada preview tampilan disitu, kasih/buang tanda tik yg tidak ada suka;
(iii) Copy/paste kode script di bawahnya, dan masukkan di SIDEBAR template blog Anda.
(iv) Klik SAVE CHANGES. Selesai.
2. Technorati Bookmarks/Favorites
Caranya:
a. Klik menu FAVORITES
b. Masukkan alamat blog/situs yg ingin anda simpan di kotak "Add a blog to your favorites"
c. Klik ADD. Selesai.
Catatan:
- Technorati membatasi pemuatan Bookmarks sampai 50 alamat blog.
- Blog/alamat situs apapun bisa Anda masukkan, termasuk blog/situs Anda sendiri.
- Memasukkan blog Anda di online bookmark Technorati juga akan menambah expose blog Anda.
3. Profile
Caranya:
1. Klik menu PROFILE.
2. Klik menu EDIT
3. Isi data termasuk foto Anda (kalau ingin tampil fotonya).
4. Klik SAVE PROFILE. Selesai.
4. Siapa yg Link Blog Anda?
* Mengetahui siapa yg nge-link blog kita itu penting dalam dunia perblogan (blogosphere). Karena dg demikian, kita dapat 'membalas budi' dg cara membuat link balik (linkback) blog orang yg ngelink blog kita. Ini namanya link-exchange.
* Semakin banyak yg nge-link blog kita, semakin bagus. Karena akan semakin mudah ditemukan di google. Naiknya rangking kita di search engine google, antara lain tergantung dari seberapa banyak yg nge-link kita. Tapi, tentu saja orang umumnya tidak akan ngelink blog kita, kalau kita tidak melakukan hal yg sama, bukan?
Cara Mengetahui Siapa yg Link Blog Kita.
1. Buka technorati.com (tidak perlu sign-in).
2. Di kotak search, isi alamat blog kita.
Contoh, ketika saya memasukkan alamat http://myaceh.blogspot.com blog milik Irwansyah, senior saya di Agra University, Technorati menjawah: 8 sites link to: myaceh.blogspot.com. Kemudian di bawahnya diterangkan blog siapa saja yg masang link.
Tambahan:
Kalau di technorati.com, kita hanya boleh mem-bookmark hanya 50 links, maka alternatifnya apabila masih kurang Anda dapat register di situs yg memberi layanan bookmark online gratis dan tak terbatas sbb:
1. http://del.icio.us (ini yg paling terkenal dan saat ini sudah menjadi bagian dari layanan yahoo.com)
2. http://furl.net
3. http://spurl.net
4. http://shadows.com
5. http://ma.gnolia.com
(source : Mario Gagho http://kolom-mario.blogspot.com)
LANGKAH PEMBUATAN BLOG
Technorati: Direktori Blog, Tags & Bookmarks (7)
APA ITU META TAG ?
What are meta tags? Meta tags are HTML codes that are inserted into the header on a web page, after the title tag. They take a variety of forms and serve a variety of purposes, but in the context of search engine optimization when people refer to meta tags, they are usually referring to the meta description tag and the meta keywords tag. Read More...Memfilter Iklan Google Adsense Yang Muncul di Web
To create and manage a filter list of websites whose ads you'd like to restrict from showing on your site or AdSense for search results pages, simply log in to your account at https://www.google.com/adsense and click the Competitive Ad Filter link below the AdSense Setup tab. You can create separate filter lists for your content pages and for your AdSense for search results pages. Ads for the websites that you add to your competitive ad filter list typically will not run on your pages, but remember that filtering sites may decrease the number of ads that can appear on your pages as well as decrease your potential earnings. Read More...